Kamis, 28 November 2013

si "Toilet berroda"


Sepulang sekolah anakku yang kedua aku ajak ke tempat perbelanjaan dekat rumah kami  di wilayah Overvecht.
Ketika asyik keluar masuk beberapa toko berburu barang-barang yang diperlukan seputar kebutuhan rumah tangga,tiba-tiba Nazhifa memberi isyarat ingin ke toilet  kebelet pipis..
Bergegaslah kami berdua menuju ke TKP (baca : toilet umum)demi menunaikan "kebutuhan alam"sikecil.

Sayangnya para pengunjung shopping center Overvecht hanya disediakan satu toilet umum  yang terletak dipojok salah satu sudut bangunan yang diapit dua toko terkenal khas Belanda  hingga kami pun harus berjalan agak jauh untuk menuju kesana.


Contoh WC umum sementara 
foto: www.tapwagen.nl


"TOILET IS NIET IN GEBRUIK,TIJDELIJKE TOILET LIGT ACHTER GORDIJNEN WINKEL" WINKEL"....Begitulah kira-kira tulisan yang terpampang dipapan  yang terpasang ditengah gang menuju lokasi toilet.Yang artinya kira-kira "Toilet tidak bisa dipakai,toilet sementara terletak di belakang toko gorden".....Wah kasian Nazhifa ..akhirnya kubilang ke dia "nak toiletnya nggak bisa dipake  sayang...yuk kita cari toilet yang lain.Tapi kita harus jalan kearah luar ,tahan dulu ya Nak..." jelasku.

Dari pengamatanku sepertinya dilingkungan Shopping Center sedang ada  pekerjaan renovasi dibeberapa titik.Sehingga ada beberapa fasilitas umum yang sementara waktu tidak bisa dipergunakan termasuk si WC tadi.
"Nahh....ini dia nak WC nya"..Ya benar dipinggir jalan alhamdulillah tersedia 4 unit WC umum .Untuk laki-laki dan Perempuan terpisah seperti biasanya.Nggak apa-apa deh yang penting  ada  dan bersih tentunya.
Biasanya fasilitas WC umum yang standar  disini terdiri dari : WC nya sendiri,wastafel,tissue pengering tangan .Sedangkan cara membayarnya ada yang otomatis dengan memasukkan koin 50 cent euro atau sekitar  Rp.7000 . Bisa juga  dengan membayar langsung ke sipenjaganya.

Kembali ke si toilet sementara/tijdelijke toilet tadi..Tengok kiri kanan kok nggak ada penjaganya yah...hanya tersedia schotel/pising kecil dengan beberapa recehan euro "TANPA PENJAGA"...
"Lho kemana penjaga  WCnya Mi?" tanya sikecil ."Iya kok nggak ada yah,Ya udah pipis aja dulu If...nanti bayarnya pas udah selesai .Siapa tahu nanti orangnya dateng".
Ternyata setelah selesai "acara setor"nya Nazhifa ,tidak ada seorang pun muncul .
"Berapa bayarnya MI? "tanya anakku..."Biasanya sih 50 Cent Nak"... Tapi nggak ada yang jaga kok Mi..mungkin gratis kali ya "seloroh Ifa."Jangan sayang walaupun nggak ada orang yg lihat tapi Allah pasti lihat kalau kita nggak bayar".Cegahku."Oh iya"... hihihi..Nazhifa tersenyum malu .

Subhanallah begitu percayakah si penyedia WC sementara itu..sehingga si WC dibiarkan tanpa ada yg menjaganya.Ya Rabb ,terimakasih telah menyuguhkan secuil peristiwa berharga,sungguh sekilas peristiwa sore hari  itu memberi pelajaran tentang kejujuran dan tentunya menguji apakah aku dan anakku merasa diawasi oleh-Nya.

Sesungguhnya pada setiap peristiwa kehidupan senantiasa ada hikmah dan pelajaran bagi orang yang berakal.

إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ وَاخْتِلاَفِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ لآيَاتٍ لِّأُوْلِي الألْبَابِ


"Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan Bumi, dan silih bergantinya malam dan siang, terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal."(QS Ali Imron 3:190).

Wallahu a'lam Bishshowaab.


Utrecht,25 muharram 1435 H/28 Nov 2013


By. Ummusalsabila


Tidak ada komentar:

Posting Komentar