Selasa, 19 November 2013

Naturalis yang Natural..............









Melanjutkan perjalanan kami (saya,suami dan anak-anak) ke Museum-museum ..Kali ini tujuan kami adalah museum Naturalis di Leiden.
Sebenarnya kunjungan kami kesana sudah beberapa bulan yang lalu,tepatnya bulan januari  tahun ini...waduuh itu mah udah hampir setahun yang lalu ya...nggak nyadar ternyata diri ini tidak banyak menyempatkan waktu untuk nulis di blog keluarga kami..He he tidak kenapa mendingan telat daripada nggak sama sekali..

Mari kita mulai saja...
Memanfaatkan hari libur ,akhirnya berangkatlah kami ke TKP dengan mengendarai mobil sederhana kami.Sengaja tidak berangkat pagi-pagi karena memang kami dan anak-anak ingin membuat perjalanan ini tidak tergesa-gesa dan menyenangkan .Setelah biasanya dari senin sampai jumát rutinitas kami jalani sangat tergantung dengan waktu. Dari yang tidak boleh terlambat bangun tidur,masuk sekolah dan juga kegiatan-kegiatan lainnya.

Karcis Gratis buat Ancik
Alhamdulillah saya dan anak-anak punya akses gratis dengan menggunakan Museum Kaart , ke banyak museum di Belanda,jadinya dengan lenggang kita bisa masuk dan menikmati sajian diberbagai museum tanpa membayar. Lain halnya dengan si Ancik yang memang tidak punya  si "Museum kaart" Tapi subhanallah memang sudah rejeki ya..Ancik (panggilan kami untuk suamiku,bapaknya anak-anak) juga tidak dikenakan biaya .Wallahu aálam kenapa.Ketika kami membeli karcis didepan kassa,sipenjaga langsung saja menyodorkan 4 karcis tanda boleh masuk kepada kami tanpa meminta uang sambil tersenyum...he he "yang sering-sering aja ya meneer".^_^..

Natuurtheater/Teater alam




Tujuan pertama anak-anak adalah "Natuur Theater" yang didalamnya mereka bisa melihat berbagai figur alam dari kehidupan sel-sel  sebagai makhluk terkecil sampai ke berbagai macam jenis kera.Selain itu berbagai macam tumbuhan baik yang biasa tumbuh di daerah tropis dan juga subtropis.Macam-macam hewan laut dan kupu-kupu pun dipajang dengan rapih dan menariknya..

Oerparade/parade zaman purbakala







Selanjutnya yang tidak kalah menarik adalah   kerangka hewan-hewan purba seperti dinosaurus,mamoet,berbagai macam fosil manusia purba .Salsabila & Nazhifa sampai bilang wooooww.. "wat  grote dieren zeg"...saking besarnya tuh skelet-skelet yang terpajang.

Aarde/Bumi

Di ruangan "aarde"anak-anak melihat  seperti apa bentuk bumi dari dalam dan dari luar .Anak-anak "diajak"seperti  melihat inti bumi dan lapisan-lapisan bumi beneran,tapi dalam ukuran besar..Ukuran bola dunianya pun nggak kecil. si "Mega Wereldbol"atau Bola Dunia dalam ukuran super besar dengan diameter 4 meter  sangat menarik anak-anak dan pengunjung lainnya.Dengan mengitari bola dunia tersebut anak-anak seperti merasakan bahwa mereka ada di ruang angkasa .


Setelah itu kita bisa membayangkan bagaimana  terjadinya gempa bumi dan semburan gunung berapi dengan berbagai informasi yang disajikan dalam bentuk gambar dan tulisan yg sangat tertata dengan menarik.
Dan ternyata injakan kaki kita pun bisa "menyebabkan"gempa bumi ...lho kok bisa??
Ditempat tertentu diruangan tersebut semakin kita keras menginjak lantai ,maka akan terlihat seberapa kuat gempa yang akan terjadi dengan melihat "alat pengukur gempa bumi"...Keren khaan....

Leven/Kehidupan


Perjalanan belum selesai ,kami pun pindah ke ruangan lain dengan tema Leven atau kehidupan.Disana kita diajak untuk melihat dan "merasakan" bagaimana kehidupan makhluk di darat,udara dan di air.

Superzintuigen








Selain itu anak-anak bisa "mencoba"merasakan bagaimana  indera binatang seperti lebah menghisap madu dari bunga...Insya Allah sangat menarik dan "leerzaam" sekaligus tidak membosankan.

Sekitar 15 menit sebelum museum tutup,kami pun bersiap-siap untuk pulang.Tidak lupa "kunjungan wajib" alias ke wc sebelum kembali menempuh perjalanan ke rumah sekitar 50 menit ...
Semoga perjalanan kami menjadi perjalanan yang bermanfaat dan penuh hikmah amiin...
Zo insya Allah tot volgende keer in andere museum "Anne Frank" di Amsterdam............

Tidak ada komentar:

Posting Komentar