Selasa, 15 Oktober 2013

Sekilas Idul Adha 1434 H/2013 M di Utrecht.......

Kaaaasss...berpose dulu aah..


"Taqobbalallaahu minna wa minkum,Waghofarolahu lana wa laka"
Semoga Allah swt menerima amal kami dan kalian ,Dan semoga Allah mengampuni kami dan kalian. ( Imam Malik Rahimahulloh )
Yg ini juga nggak mau kalah....


Insya Allah..
Berlebaran  haji di negeri orang tentunya tidak seperti berlebaran di negeri sendiri,Indonesia tercinta.Dari tempat sholat ied ,cara merayakannya juga cara berkurbannya.Walaupun demikian banyak hal yang bisa dilestarikan sebagai tradisi baik ketika merayakan  hari raya idul qurban seperti  beramah tamah dengan sesama muslim dan juga menyantap hidangan ala hari raya .


Sholat Ied di SGB (Stichting Generasi Baru)

Subhanallah ,walaupun tahun ini  lebaran haji jatuh pada hari Selasa alias hari kerja,banyak sekali muslim Indonesia yang ingin bertemu,bermaafan dan berkumpul merayakan  slaah satu hari raya umat muslim .Dari mulai bapak-bapak,ibu-ibu,para pelajar Indonesia yg sedang menuntut ilmu di Negeri Kincir Angin.Juga anak-anak tidak mau ketinggalan hadir memeriahkan suasana .
Para warga muslim keturunan Belanda,Turki pun hadir bergabung bersama .
Berlaku sebagai Imam dan khotib  kali ini adalah Ust. Dadan .S. Anwar.
Setelah sholat ied biasanya para jamaah bermaafan dan saling mendoakan.Dan setelah itu saatnya menyantap hidangan lebaran yang tentunya sangat ditunggu-tunggu.. he he.

Suasana bermaafan ba'da sholat Ied


Menu Hari Raya Qurban

Sebenarnya menu ini hasil dari voting suara terbanyak dari beberapa ibu-ibu yg berdomisili di Utrecht  yang biasanya aktif dan ikut andil dalam kegiatan SGB.dari 3 jenis menu antara lain : 
1.Menu Lontong ,opor,sambal goreng ati dll
2.Menu Jajanan : Bakso/Soto
3.Menu Lontong/Nasi,sate ayam& Kambing


Ternyata dari 10 orang yg memberikan suaranya,menu ke3 lah yang mendapat suara terbanyak.Alhamdulillah luar biasanya ibu-ibu di Utrecht adalah tidak hanya rajin berbagi ide tapi juga berlomba menjadi orang-orang pertama yang bersedia membawa berbagai jenis makanan,kue,minuman dan perlengkapan makan minumnya.Terlihat sekali Fastabiqul Khoirot- nya atau berlomba-lomba dalam kebaikan...Semoga Allah swt membalas kebaikan ibu,mbak, dan adik dg yg lebih baik...tanpa tangan-tangan mereka tentunya menu apapun yg akan dibuat dalam jumlah besar tidak akan tersedia..Pokoknya TOP BeGeTe lah...
Sate ayam dan Kambing


Kueh-kuehnya

Ucapan terimakasih tak terhingga untuk Mbak Rini Driebergen,Uni Elly,Kak Masinah,Te'Reni,Te'Rosi,Te'Risda,Mbak Yuni,Mbak Atika,Mbak Ros,Ibu Dewi,Mbak Rita ,adik-adik student IMPOME,mbak Tia ,Ceu Rina dan semua bapak,mas,  ibu,mbak dan adik yang dengan sukarela membawa makanan,minuman,alat makan minum,buah juga yang tidak sungkan untuk bersih-bersih dan beres-beres ruangan SGB setelah acara sholat ied dan ramah tamah usai.
Setelah ruangan kembali bersih dan rapih ,kamipun kembali ke rumah masing-masing.Tidak sedikit pula yang harus kembali beraktivitas dari yang melanjutkan tugas ditempat kerja ,kembali ke kampus atau pun anak-anak yang kembali ke sekolah.

Cara Berqurban

Lain di Indonesia lain di Belanda,urusan sembelih menyembelih hewan tidaklah boleh sembarangan  atau bisa dimana saja melakukannya.Jika di Indonesia kita boleh menyembelih hewan di pekarangan rumah atau masjid,disini kita hanya boleh menyembelih hewan qurban ditempat khusus penyembelihan qurban.
Atau jika ingin lebih praktis bisa saja berqurban dengan membayar sejumlah uang yng diniatkan untuk berqurban .Di Belanda dan sekitarnya cara seperti itu bisa  melalui badan Ziswaf http://isned.eu/ .

Liputan tentang berqurban oleh siaran TV Belanda untuk Anak-anak


Bagaimana suasana Iedul adha di tempat anda?



Utrecht,11 Dzulhijjah 1434 H/16 Oktober 2013

By Ummusalsabila







Tidak ada komentar:

Posting Komentar