Jumat, 09 Mei 2014

Tausiyah dari Syaikh Hussein Yee



Sumber foto : www.peacetv.tv

Tahmid wa sholawat ála Rosulullah saw .kita dipertemukan kembali lewat secuil catatan  ini.

Sungguh rezeki untuk mendapatkan  ilmu memang tidak kemana jika Allah swt menghendaki.
Dengan izinnya  warga  muslim Utrecht mendapatkan kesempatan untuk merasakan nikmatnya siraman rohani dari seorang Syaikh yang mendunia..."Syaikh Hussein Yee" ,seorang ulama keturunan Cina asal Malaysia yang berkenan berbagi ilmu dengan sebagian masyarakat muslim di Utrecht selasa,6 mei yang lalu di ruangan serba guna SGB.


Saya sendiri baru mengetahui informasi tentang keberadaan beliau di Belanda setelah  beliau mengisi sebuah acara Internasional Kongres  Di Zaandam yang diadakan oleh IDEO (Islamic Dutch Empowerment Organisation)  4 mei  yang lalu . http://internationaalcongres.nl/

Baiklah langsung saja ya,Saya coba kumpulkan catatan tausiyah beliau ....

1).Kewajiban seorang muslim adalah mengimani dan melaksanakan Rukun Islam,rukun iman & rukun Ihsan.
Rukun Islam yang 5 :Syahadat,sholat,Zakat,puasa &Haji.
Rukun Iman yang 6 : Iman kepada Allah,malaikat-Nya,kitab-Nya,Rasul-Nya,Hari Kiamat & Qodho-Qodhar.
Rukun Ihsan yang 1 : Bahwa  Kita beribadah seakan-akan Allah melihat kita,jika kita tidak melihat-Nya ,maka Allah pasti  melihat kita .
Cara praktis untuk memahami Ihsan adalah dengan ikhlas dalam beramal.

2).Pertanyaan dari salah seorang ibu "Bagaimana caranya mendidik anak di Negeri minoritas muslim seperti Belanda.Menginat anak-anak disini berada dilingkungan yang serba tidak islami ?"

Jawaban Beliau :
Biasakan anak dengan " praktik keseharian secara islami"seperti membiasakan anak  membaca doa pada setiap aktivitas kesehariannya  dari menjelang tidur,bangun tidur,sebelum/sesudah makan, masuk ke kamar mandi/keluar kamar mandi,masuk/keluar rumah,dalam perjalanan dsb.
Sehingga anak-anak merasakan kedekatan dengan penciptanya.Subhanallah kedekatan dengan-Nya adalah sesuatu yang sangat menakjubkan.Dengan demikian semoga Allah pun akan menjaga anak-anak kita dimanapun mereka berada.
Setelah anak-anak  biasa insya Allah mereka akan bisa ,dan pada saatnya nanti mereka akan menemukan kebenaran yang sebenarnya dan mengetahui makna dari apa yang mereka baca,seperti bacaan al fatihah yang  hampir dipastikan anak- anak kecil pun sudah bisa melafalkannya tanpa faham artinya.
Jangan menyerah dengan keadaan ,tetap berusaha dan berdoa agar dimudahkan menjalaninya.

3).Bagaimana perjalanan beliau sehingga menjadi seorang Muslim
Beliau terkesan dengan kisah sahabat Umar Bin Khattab yang fenomenal  sehingga membawanya dari seorang Budha,kemudian Kristen dan menemukan hidayah Islam ketika berumur 18 tahun .Subhanallah..

Sebenarnya banyak sekali yang beliau paparkan,semoga  sedikit yang terangkum ini kembali memotivasi kita untuk menjadi lebih baik & berusaha menghiasi akhlak kita,akhlak anak-anak kita dengan keindahan islam yang sebenarnya."La haula wa laa quwwata Illa billahi ".

Jazakallohu khoir ya syaikh,semoga  syaikh mendapat keridhoan Allah swt ...amiin



Tidak ada komentar:

Posting Komentar