Selasa, 12 Februari 2013

Tips Bersih Bersih ala koe


Sumber Foto: nl.dreamstime.com

Semenjak lebih dari 11 tahun yang lalu tinggal di Luar Negeri khususnya di Belanda,banyak sekali hal-hal baru yang kupelajari.Salah satunya tentang bagaimana cara bebersih.Ternyata secara umum orang-orang Londo memang menyukai kebersihan alias hygienis.Walaupun banyak juga orang londo yang joroknya super banget.
Nah diluar itu semua tentunya kita sebagai manusia normal suka dengan yang bersih-bersih.Apalagi bagi muslim karena setiap muslim diharuskan dalam keadaan suci  dan bersih dari hadats besar dan kecil sebelum melaksanakan sholat.
Dari pengamatanku melihat kebiasaan orang-orang kita (Indonesia) dan Belanda dari segi kebersihan ini memang cukup berbeda. Maaf bukannya aku menjelekkan bangsaku sendiri tapi memang pada kenyataan yang aku lihat orang kita secara umum kurang menjaga yang namanya kebersihan.Tentunya ini menjadi pembelajaran sendiri untukku agar selalu menjaga  kebersihan diri,rumah dan sekitarnya. Karena jika badan kita,rumah kita kotor akan memudahkan berbagai macam penyakit mampir ketubuh kita.Yang rugi kan tentu diri kita juga.
Nah ini dia beberap tips bebersih ruangan ala koe:

1.Ruang Tamu
Kenapa aku bilang ruang tamu,karena biasanya ruang tamu bisa dikatakan ruang serbaguna dan paling banyak dipakai makanya seyogyanya ruang tamu dijaga agar tetap bersih dan rapih.
Idealnya usahakan membersihkan ruang tamu 2 hari sekali dalam artian mengelap lemari dan perabotan lainnya,vensterbank(plank tempat bunga dekat jendela),menyapu,vaccum cleaner dan juga mengepel.
Disini memang tidak harus mengepel lantai setiap hari karena kondisi cuaca yang dingin dan rumah biasanya dalam keadaan tertutup.Lain dengan di Indonesia yang sangatlah panas dan berdebu sehingga menyapu dan mengepel sangat penting dilakukan 2 kali sehari.

2.Mengepel
Bisa menggunakan "Alles reiniger"atau bahan pembersih untuk semua yang bisa didapatkan diberbagai supermarket.Sedangkan alatnya bisa memakai alat pel yg bisa juga dibeli di  toko Blokker,Action ,Marskrammer.

3.Membersihkan Kaca
Bisa dilakukan setiap  1 kali per 2 minggu.Alatnya bisa menggunakan Spons pembersih/Schuurspons dan bahan pembersih "alles reiniger",sabun khusus untuk kaca ataupun schoonmaakazijn.Silahkan pilih mana saja yg disuka.Kalau aku cukup dengan alles reiniger saja insya Allah kaca sudah kinclong.
Setelah kaca digosok dengan sabun,terus busa sabun disapu dengan alat khusus seperti stang untuk menghilangkan busa dari kaca.Biasanya tanpa dilap lagi kaca sudah mengkilat dan kinclong clong.. he he

4.Mencuci piring
Rendam piring,gelas,sendok,garpu kotor dengan air panas dari kran.Diamkan selam setengah jam,lalu gosok dengan spons atau afwas borstel/sikat untuk cuci piring. dengan menggunakan sabun cuci piring.Lalu bilas dengan air hangat dari kran .Untuk menghemat air biasanya aku buka kran dengan aliran sedang,tidak terlalu besar ataupun kecil.
Di sini aku baru tahu kain serbet yang biasanya dipakai didapur ada 3 macam yaitu:
-Keukendoek /kain dapur dipakai untuk mengelap tangan setelah cuci tangan.
-Theedoek/kain teh dipakai untuk  mengelap piring,gelas,sendok garpu yg sudah dicuci.
-Vatdoekje : dipakai untuk mengelap genangan air ,kotoran yang menempel di aanrecht/bagian atas plan dapur. atau bisa juga untuk membersihkan  kamar mandi,kaca dll. Bisa dibilang kain serbaguna deh...
So mulai saat ini jangan salah pakai lagi yah...

5.Kamar Mandi dan Toilet
Untuk Kamar mandi biasanya saya pakai  bahan pembersih "Antikalk reiniger"atau pembersih anti kalk.Tinggal  basahin lantai dan tembok kamar mandi ,lalu semprotkan si antikalk  reiniger lalu diamkan selama 20 menit ,lalu sikat  dan bilas lagi dengan air bersih...insya Allah kinclong deh kamar mandi.
Nah untuk toilet aku cukup pake spons yg dibasahi air dan alles reiniger kemudian gosok deh si toilet,lalu diamkan selama 10 menit.Untuk bagian dalam toilet tuangkan bahan pembersih dan sikat seperlunya dengan sikat khusus toilet.lalu lap busa yg ada di bagian atas wc dan bilas dengan air busa yg ada dibagian dalam.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar