Selasa, 12 Februari 2013

Koninginnedag & Koningsdag

Foto Koningin Beatrix,Maxima,Willem Alexander pada perayaan Koninginnedag tahun lalu di Rhenen.
Sumber gambar: ANP/ Robin Utrecht.


Koningsdag
Tahun 2013 ini di Belanda akan ada yang lain pada perayaan  hari ratu atau Koninginnedag yang biasanya jatuh pada tanggal 30 april setiap tahunnya.Seperti yang kita ketahui bahwa semenjak tahun 1949  perayaan ini dirayakan diseluruh penjuru Negeri Belanda dalam rangka memperingati hari ratu.
Sebenarnya 30 april bukanlah tanggal lahir ratu Beatrix,tetapi justru hari lahirnya ratu Juliana.Ratu Beatrix sendiri lahir pada tanggal 31 januari. Akan tetapi tanggal tersebut  tidak sesuai untuk mengadakan acara besar di Belanda karena bulan januari masih terhitung musim dingin yang tentunya akan sangat tidak nyaman berpesta diluar  dengan suhu yang dingin menggigit.

Pada hari "Koninginnedag" semua masyarakat diperbolehkan untuk menjual barang baik baru maupun bekas layak pakai ditempat yang disediakan tanpa dipungut pajak..Biasanya di taman-taman atau didepan perumahan sekitar "Centrum" atau pusat kota.
Barang yang dijual pun bermacam-macam dari mainan anak-anak,baju bekas,tas,sepatu bekas,buku,sepeda bahkan peralatan bayi dan alat rumah tangga pun sangat banyak dijajakan dengan harga miring.
Sedangkan untuk berjualan makanan harus ada izin khusus dari Pemerintah Kota atau Gemeente.

Kami pun sekeluarga sudah 2 kali (tahun 2011 & 2012)menjajakan barang-barang bekas milik kami   dipelataran Juliana Park di Utrecht,tidak jauh dari tempat tinggal kami.
Walaupun hasilnya tidak seberapa tapi nuansa "gezellig"nya itu yang langka.Hampir semua orang berbusana serba oranje.Meriah sekali....anak-anak pun begitu menikmati..

Akhir  januari 2013 yg lalu Ratu beatrix secara resmi akan mundur dari jabatan Kepala Negara Belanda setelah memerintah Negeri kompeni ini dari tahun 1980 dan akan digantikan oleh putra mahkota Willem Alexander .Tentunya karena yang memerintah bukan koningin(ratu) lagi melainkan koning (raja) maka Koninginnedag pun akan berganti nama menjadi "Koningsdag"  pada tahun 2014.
Kabarnya Koningsdag perdana tahun 2014 akan  jatuh pada tanggal 27 april sesuai dengan hari lahir Pangeran Willem Alexander..Namun berhubung 27 april bertepatan  dengan hari  minggu ,maka Koningsdag akan dirayakan pada hari sabtunya,26 april.
Gemeente atau Kota Amstelveen dan De Rijp akan menjadi tuan rumah menyambut keluarga kerajaan pada acara Koninsdag tersebut...
Even wennen  hoor....
Maklum semenjak lebih dari 11 tahun tinggal di Belanda sudah terbiasa dengan Koninginnedag he he ..bukan Koningsdag!!

Koin  2 Euro Baru


Nieuwe munt met Beatrix en Willem-Alexander | Koninklijke Nederlandse Munt

Pekan lalu tepatnya rabu ,6 Februari 2013 telah dicetak koin  2 euro baru dengan  gambar  duo Ratu Beatrix dan Putra Mahkota Willem Alexander  pada satu koin euro tersebut sebagai tanda "Troonswisseling" atau pergantian mahkota dari Beatrix keputranya.
Hal itu pun pernah terjadi ketika Beatrix menggantikan ibundanya ,ratu Juliana pada tahun 1980 .Waktu itu Beatrix dan Juliana pun diabadikan  dengan dicetak pada koin Gulden sebagai tanda pergantian mahkota .
Koin euro baru tersebut menurut  berita dari Jeugdjurnaal.nl  telah dicetak sebanyak 20 juta keping dan langsung bisa digunakan sebagai alat jual beli.
Sayangnya sampai hari ini aku belum dapat kepingan 2 euro baru itu...berburu aah...secara  memang aku udah lama koleksi  koin euro dari tahun 2002.

Pergantian Mahkota
Menurut berita online yang aku baca di nu.nl ,acara  resmi pergantian Mahkota tersebut akan dijadwalkan 30 april mendatang di Koninkelijk Paleis Amsterdam  "Dam" .Nah siap-siap yah pantengin TV,radio untuk bisa mengikuti resesi pergantian mahkota secara langsung.Kabarnya Keluarga kerajaan akan  tampil dibalkon istana dari Ratu Beatrix,Pangeran Willem Alexander,Putri Maxima juga putri-putrinya Amalia,Alexia dan Ariane.So...Kita tunggu saja tanggal mainnya.

Sumber:
www.nu.nl
www.jeugdjurnaal.nl
www.nrc.nl

Tidak ada komentar:

Posting Komentar