Jumat, 25 Januari 2013

Bersepeda ria ke Spoorwegmuseum





Alergi Museum? ha ha awalnya sih iya .Bawaannya ya males aja ke museum.Pasti ngebosenin nggak asyik apalagi bawa anak-anak,pasti repotnya minta ampun.
Tapi setelah dicoba jalan jalan ke Spoorweg museum,ternyata anak-anak begitu antusias dan menikmati walaupun cuaca saat itu begitu panas menyengat karena memang sedang musim panas . Tepatnya bulan agustus tahun 2012.

Akhirnya petualangan kami ke Spoorwegmuseum dimulai.
Kira-kira jam 11.00 pagian.. he he iya di Belanda ukuran pagi itu ya dari jam 06.00 pagi sampai jam 12.00 siang.Jadi jam 11 ya masih dibilang pagi.....
Kami memilih naik sepeda ke arah lokasi museum yang tepatnya di bilangan centrum Utrecht.Jarak dari rumah  kesana sekitar 20 menitan.
Suasana disepanjang jalan begitu cerah dan ramai,banyak orang dan anak-anak memanfaatkan sinar matahari untuk bersantai di taman bermain .

Untung suasana di Museum  nggak terlalu ramai sehingga kita tidak terlalu lam menunggu untuk antri beli  tiket...Alhamdulillah karena kita sudah punya "Museum Kaart" atau Kartu museum selama setahun ,maka kita bisa mengunjungi museum dengan gratis.


Menurut informasi yang kubaca dari website resminya,Spoorwegmuseum berusia lebih dari 85 tahun,tepatnya tahun 1927 yang setiap tahunnya bisa menyedot puluhan ribu pengunjung ditahun 1941 dan semakin bertambah berkali lipat menjadi sekitar 125.000  pengunjung pada tahun 1953.
Tentunya banyak daya tarik si museum ini yang bisa membuatnya menjadi "De Leukste Museum van Nederland" atau "Museum Yang Paling Menyenangkan  di Belanda" pada tahun 2011.Dari informasi yg kudapat ,Museum ini sesuai untuk orang dewasa juga untuk anak-anak.Selain tentunya museum mempunyai koleksi -koleksi antik juga suasana yang edukatif dan menarik sangatlah disukai  anak-anak.
Begitu juga anak-anakku sangat suka dan antusias selama didalam museum.Sampai-sampai  3 jam pun nggak cukup  untuk mereka menikmati ,belajar sambil bermain di sana.


                                                            


Tahun 2012 yg lalu  Museum ini juga dinobatkan menjadi "Leukste  Uitje van de provincie Utrecht" atau "Tempat yang paling menyenangkan untuk jalan-jalan di Provinsi Utrecht" oleh ANWB ,organisasi yang memberikan pelayanan dalam hal yang berkaitan dengan mobilitas,Liburan dan juga waktu luang/hobby.
Keren kan??...Nggak rugi banget jalan-jalan sekaligus bermain dengan anak-anak kesana.Selain mendidik juga menyenangkan buat anak-anak.

Tempat pertama yang kita datangi  adalah ruangan "De Grote Ontdekking" atau "Penemuan Besar"
Disana kita diajak kemasa tahun 1800 an    yang mana ditemukannya "Stoommachine" atau Mesin uap yang berfungsi untuk memompa sumber air dari tambang Shaft..Ruangannya agak gelap dan dibuat sedemikian rupa sehingga  menyerupai suasana abad ke 18.

Kemudian  kami melihat-lihat koleksi kereta api yang diperuntukkan hanya untuk orang-orang kaya dan para bangsawan pada abad ke 19.Ruangan tersebut dinamakan "Droomreizen"atau "Perjalanan Impian".Disana kita dibuat terpesona dengan bentuk dan suasana kereta api yang masih terbuat dari kayu dengan desain interior yang eksotis layaknya suasana zaman kerajaan.Indah dan serasa berada pada tahun 1900 an betulan.

Setelah puas dari  sana anak-anak sangat ingin naik kereta tua betulan yang lumayan harus mengantri lama sekitar hampir 1 jam -an.Dari namanya aja udah penasaran "De Stalen Monsters".Kita bertiga (saya,Salsabila dan Nazhifa) dibuat spannend /tegang dengan menaiki kereta tua kecil  dan melewati tempat yang gelap .Disana kita diajak ke ruangan Zolder Opa  Harry Gommers yang   sampai generasi ketiga dari keturunannya bekerja untuk "Het Spoor".





He heh.. cape juga ya...akhirnya anak-anak memilih untuk istirahat sejenak...setelah itu mereka tertarik untuk main diluar Museum yang memang didesain dan diperuntukkan hanya untuk anak-anak.Ada kereta api kecil yang bisa dinaiki mereka,kemudian perosotan,trus Pomplorrie atau mesin yang digunakan untuk mengecek rel kereta api yang diperuntukkan untuk anak anak . Mesin ini dikendalikan oleh 2 orang yang menggerakkan stangnya keatas dan kebawah hingga mesin ini  merambat kedepan.Anaka-anak jadi bisa merasakan bagaimana mesin ini bekerja. Seru khan...
Selain itu ada 2 boot kecil  diatas sungai buatan kecil  ..Terlihat anak-anak sangat betah ditempat itu.
Tentunya aku  bisa santai melihat mereka  yang sedang bermain sambil duduk-duduk sebentar dikursi yang disediakan untuk para pengunjung.



Setelah  45 menitan berada diluar ,lalu kita menuju "Werkplaats"(Tempat Bekerja) dimana disana dipajang kereta api-kereta api zaman baheula dengan segala keunikannya.Dan juga mesin karcis kereta yang belum memakai sistem digital pun nongkrong disana. Btw mesin itu masih dipakai diawal-awal aku baru datang ke Belanda pada musim gugur tahun 2001.

Jam sudah menunjukkan angka 17.00  ...dan kita memutuskan untuk pulang...
Aseli seru banget.... yang belum pernah kesana...ayo jangan nunggu lama-lama insya Allah nggak rugi jalan-jalan ke Spoorwegmuseum.....
Asyik.......tunggu acara jalan-jalan kami di Museum -museum lainnya... Okey .doe doei!!

Utrecht,Agustus 2012

by Ummusalsabila


Sumber:

www.spoorwegmuseum.nl

www.anwb.nl

Pengalaman pribadi








Tidak ada komentar:

Posting Komentar