Kamis, 05 April 2012

Karena Itu Ucapan Rasulullah Nak....


Kaget ! ketika sore tadi Yayuk Salsabila tiba-tiba mogok nggak mau pergi ke latihan Taekwondonya.Nggak seperti biasanya Salsabila seperti kurang semangat pergi latihan.
"Ummi anter lho nak....".bujukku lembut....
"Ya tapi kenapa,aku harus pergi ke Taekwondo???."...rengeknya tambah bete.
"Lho ummi nggak bilang harus lho". ....""Terus kenapa tetep mesti pergi??"..
Mungkin inilah saatnya menjelaskan kenapa anak sulungku sudah harus belajar ilmu beladiri.Memang ketika dia mulai kudaftarkan ke club Taekwondo di dekat tinggal kami umurnya baru 6 th lebih.Mungkin saja waktu itu dia belum ngerti banget kenapa dia kami perkenalkan ke salah satu jenis olahraga beladiri itu.
Selama ini sih nggak ada pertanda bahwa Salsabila nggak tertarik atau malas latihan sampai ketika sore tadi terdengar protesnya yang kemungkinan besar karena faktor keletihan setelah berangkat ke sekolah seharian .
Selidik punya selidik,eh ternyata belum ditanya,Salsabila udah nyerocos sendiri dengan argumen-argumennya yang tajam :
"MI,memang dulu Salsabila bilang apa waktu didaftarin Umi ke Taekwondo??,Ini bukan Ummi yang mau khan?",aku nyesel deh kenapa kalau memang dulu bilang oke mau ikut olahraga Taekwondo ...cape lho Mi....kan enakan dirumah nggak usah olahraga???....."
Akhirnya dengan berusaha tetap dg hati yang aman terkendali, kucoba jelaskan alasan yang sebenarnya :
"Salsabila...Tahu kan Nabi kita siapa?" ...."ya,Profeet Muhammad.."
"Salsabila cinta tidak ke beliau?"...."Ja ...ik houd wel van hem"...".maar waarom vroeg ummi dat"?
"Iya kalau kita cinta kepada nabi Muhammad ya kita harus dengar apa yang beliau katakan,trus kita ikuti dan kita kerjakan,Nah Nabi kita Muhammad memerintahkan agar setiap anak muslim dan muslimah belajar BERKUDA,BERENANG DAN MEMANAH".(Mengutip salah satu isi hadits BUkhari-Muslim)
"Oh ja..Heeft hij wel zo gezegd?".Ya sayaang...
Tahu nggak Yu',Taekwondo itu adalah salah satu dari 3 hal itu ,bahwa setiap anak muslim/muslimah harus belajar ilmu beladiri untuk bisa menjaga diri ketika Salsabila nanti suatu saat berjalan sendiri dan ummi ataupun ancik' sudah tidak bisa berada disamping Salsabila lagi dan jika ada ada orang yang berbuat jahat ,kan Salsabila udah tahu caranya membela diri .Kalau nggak belajar ilmu bela diri ya gimana tahu caranya sayaaang??..
Sebenarnya ilmu/olahraga beladirinya nggak harus taekwondo kok bisa yang lain seperti karate,yudo atau pencak silat .
"Hah...Pencak silat??"...he he Salsabila mulai lupa kalau dia lagi ngambek nggak mau latihan...pyuuhhh!!syukurlah.
Mulailah dia tanya-tanya tentang pencak silat.Padahal emaknya ini tahu apa tentang pencak silat selain bahwa Pencak silat adalah olahraga beladiri dari Indonesia.Wong dulu waktu kecil juga nggak pernah ikutan olahraga jenis itu.
Syukurlah acara debat mendadak itu berakhir dengan Salsabila mau diajak latihan taekwondo dan sepanjang jalan kami(saya dan Salsabila) menikmati kebersamaan kamis sore itu dengan indah.
Maklum semenjak mulai lagi dengan kerja parttime,hampir setiap kamis sore emaknya ini harus rela nggak rela tugas mengantar Salsabila ke latihan Taekwondo digantikan Ancik'nya.
Terimakasih ya Rabb,Engkau berikan jalan yang terbaik untuk menyampaikan sunnah-sunnah nabi-MU yang dengan usaha Kami sebagai orang tua yang belum seberapa agar anak-anak kami menjadi generasi yang mencintai-MU,mencintai nabi-MU dan mencintai agama-MU...amiiin..Bukankah Muslim yang kuat lebih baik dari muslim yang lemah??
Wallaahu ''alam...
Utrecht,10 feb 2012
By Umminya Salsabila & Nazhifa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar