Kamis, 24 Juni 2010

Suatu kepastian







Beberapa hari yang lalu,ada satu orang pasien meninggal diusia senjanya yang mencapai angka 90 tahun lebih.Tidak ada yang menemani,keluarga yang hanya ingin di telefoon pada waktu2 tertentu.Sedangkan anak beliau tidak punya...sedih ,sedih sekali.
Sekitar 2 bulan lalu saya baru mengenal nenek itu,sekilas beliau adalah orang yang "religius",dengan seringnya menyebut "Tuhannya"...ah andaikan saja dia muslim,tentu insya Allah sejelek dan separah apaun ibadahnya ,Allah akan menerima kembali jiwanya ke sisi-Nya yang layak...wallaahu'alam,hanya Allah lah yang tahu.

Bekerja ditempat baru kali ini saya begitu semangat untuk membantu para nenek dan kakek itu mendapatkan perawatan yang semestinya,begitu menyenangkan merawat mereka.Orang-orang tua yang ramah dan unik .
Kembali lagi ke cerita nenek itu.Dia tinggal di appartemen lantai 7 di pojok dekat ruang tamu "verzorgingshuis"1 tempat saya bekerja.
Setiap ada suster yang lewat,dia sepertinya tahu akan ada yang datang dan selalu memanggil dengan kata2 yang sama "Zuster..bent U daar,kom dan ik heb je hulp nodig"2...dan saya tahu dia ingin kami segera menolongnya....
Setiap sore dengan senang hati saya membantu nenek itu,dia orang baik,nggak rewel seperti nenek2 pada umumnya.Setiap kami bertanya ,dia masih merespon dengan baik,begitu juga juga jika kita sedang membantu dia ganti baju atau ke toilet,dia masih bisa "bekerja sama" dengan mengangkat kaki atau tangannya juga membuka mulutnya jika dia akan minum obat .
Setelah beberapa tahun tinggal di flat itu,kondisinya semakin memburuk dalam waktu 2 mingguan saja.
Tidak adalagi yang bisa diharapkan,hanya menunggu malaikat maut menjemput .jangankan untuk duduk,untuk makan,minum pun dia sangat kesulitan.begitu cepat perubahan keadaan seseorang yang ditakdirkan hidupnya tidak lama lagi.
Kejadian itu membuat saya berfikir ,apa yang akan terjadi dialam setelah kematian sana,apakah saya sudah siap jika sewaktu-waktu malaikat maut menjemput.Kematian memang salah satu hal gaib dan pasti selain jodoh,rejeki.Selain itu apakah saya ditakdirkan husnul khotimah atau sebaliknya ,na'udzubillahi min dzaalik.Semoga kita selalu istiqomah dan mendapatkan rahmat husnul khotimah di akhir hayat kita...Amiiinnn.

Catatan :
1.Verzorgingshuis : Rumah Perawatan Lansia
2.Suster,Apakah anda disana,ayolah kesini ...aku butuh bantuanmu.

Mengenang satu pasien Mw A.TB di Huize van Transwijk,Utrecht

Utrecht,24 juni 2010
by Ummusalsabila

Tidak ada komentar:

Posting Komentar