Kamis, 24 Juni 2010

Rotterdam kota Terkotor??









Ku buka koran mingguan gratis itu satu persatu,ternyata banyak juga ya berita dan informasi seputar kota tempat tinggalku sekarang Utrecht.Sudah 5 tahun lebih kami sekeluarga menetap dikota yang posisinya memang sangat strategis ini.Sejak kami pindah dari kota kecil "Gouda",kami seakan tidak mau lagi pindah ketempat lain .
Banyak kemudahan dan kenyamanan selama kami tinggal disini.

Dari angkutan umum yang sangat mudah,kereta yang terhubung dengan hampir seluruh kota di Belanda ,juga akses kendaraan umum lain yang lumayan nyaman dan ramah anak-anak.Selain itu dikota ini kami sebagai orang asing/pendatang sangat mudah mandapatkan produk-produk asia dan indonesia.Biasanya yang menjual produk itu adalah orang-orang china.Disitu kita bisa mencari apa saja,dari tahu tempe,ikan asin,kecap,saos ,bumbu-bumbu dan juga produk2 segar.Sampai terasi pun mudah sekali kita jumpai disini.Alhamdulillah nikmat sekali sebagai pengobat rindu dengan kampung halaman.

Kembali menengok isi koran mingguan kota Utrecht.Disana tercatat bahwa disebagian kota besar di europa hampir dipastikan terkena polusi udara yang disebabkan banyak hal seperti banyaknya pengendara mobil,sepeda motor .
Itu terbukti dari penelitian yang dilakukan oleh Europese Comissie ,yan hampir terjadi kira-kira di 75 kota di Europa.Diantaranya,di 21 kota masalah volusi udara ini termasuk masalah besar yang dihapai mereka.
Dari 3 kota yang di teliti,ternyata ada 3 kota yang paling kotor udaranya diantaranya Amsterdam,Rotterdam dan Groningen.
Menurut penduduk Rotterdam sendiri menganggap kota mereka adalah kota yang terkotor udaranya di Belanda.Prosentasi penduduk sendiri berbeda-beda yang menganggap kualitas kebersihan udara merupakan sebuah masalah.Bagi penduduk Rotterdam 75 % adalah masalah besar,sedangkan bagi penduduk amsterdam hanya 50 % dan yang terakhir menurut "Groningers" atau sebutan bagi para penduduk Groningen hanya 21 % mengatakan bahwa kualitas kebersihan udara merupakan suatu masalah.

Begitulah isi berita yang terpampang dihalaman terakhir koran mingguan itu.Alhamdulillah ternyata memang satu lagi keuntungan dan kenyamanan tetap tinggal di Kota Utrecht.Semoga kedepannya Utrecht menjadi kota yang nyaman dan aman untuk bermukim...insya Allah

Utrecht,25 Juni 2010

By Ummusalsabila

Tidak ada komentar:

Posting Komentar