Senin, 18 April 2011

Cara Bertamu ala Londo







Udah lama juga euy gak ngisi blog ini...maklum masih menjabat Ibu RT alias Ibu Rumah Tangga...yang sok sibuk dan gak punya waktu untuk nulis atau sekedar oret-oretan kecil.
Bismillah saya mulai lagi kegiatan tulis menulis ini.Kali ini saya ingin sedikit berbagi informasi tentang serba serbi bertamu ala orang Londo...Kenapa saya perlu nulis ini,siapa tahu manfaat buat yang baca dan jangan kaget kalau kebiasaan mereka beda jauh dengan orang timur, karena seperti yang kita tahu budaya/cultur setiap daerah,negara itu berbeda-beda.

Nah gimana kalau kita mulai aja ya,Ini dia...maaf ajah kalau ada yang keliru...ini sih menurut pengalaman pribadi ajah...

1.Tepat waktu alias on time
Orang Belanda terkenal dengan kebiasaan tepat waktunya,baik itu kerja,sekolah janjian dan juga berkunjung atau bertamu.Mereka tidak suka meremehkan waktu karena bagi mereka waktu adalah waktu... he he bukan uang lah yauw...Ibaratnya biarlah dandanan gak "Netjes" yang penting datang gak telat.

2.Suguhan Minuman dan Makanan
Nah untuk yang ini memang sedikit unik.Jika kita bertamu ke rumah orang Belanda biasanya kita akan ditawari minuman dengan menyebutkan jenis minumannya seperti Teh,Kopi,jus,atau hanya air putih.Mereka akan sangat senang jika kita menyebutkan salah satu dari jenis minuman itu .Ditambah lagi kalau kita ingin minum teh atau kopi ,mereka nanya "Met suiker of zonder?" /"dengen gula atau tidak?"...gak usah repot sebutin aja mau berapa banyak gulanya atau tanpa gula.
Untuk makanan biasanya mereka hanya menyajikan makanan ringan/snack atau kadang-kadang "gebak"/Taart yang jumlahnya pun disesuaikan dengan jumlah oranng yang ada di ruang tamu.So siap-siap ajah "perut keroncongan"... he he.Tapi ada juga yang mengundang untuk spesial makan malam atau makan siang.Nah yang ini kudu tahu dulu mereka mau menyediakan apa,kalau daging atau ayam ya mendingan dikomunikasikan tentang kehalalannya,daripada...daripada dah..
Oh ya sebelum pulang biasanya ada minuman penutup alias ngopi/ngeteh.

3.Salaman ala Londo

Biasanya di Indonesia jika ketemu cukup berjabat tangan atau cipika cipiki(yg muhrim) 2 kali sajah,Nah Kebiasaan orang Belanda kita perlu nambah sekali lagi cipika/ki nya.

4.Membawa Bunga

Lain kita lain orang Londo,mereka lebih senang jika tamu bawa rangkaian bunga/tanaman daripada bawa makanan.Ini kebalikan dari kebanyakan orang Indonesia kayaknya...eh salah... ups!! gak semua kok...

5.Ngobrolin Cuaca

Pasti,Orang londo suka banget ngomongin cuaca,apalagi pas lagi musim semi...mmmhhhmmm,bisa dipastikan mereka berlomba-lomba berjemur dibawah terik matahari .Katanya seh biar kulitnya berwarna gitu....

6.Sepatu

Biasanya sepatu/sandal mereka pake didalam rumah,so tamunya pun nggak harus lepas sepatu/sandalnya didalam ruang tamu.

7.Pulang juga On time

Datang tepat waktu,ya pulang juga tepat waktu ,ada benernya juga ,bisa jadi mereka butuh istirahat .Apalagi orang-orang tua yang biasanya menyempatkan tidur siang untuk menjaga kesehatannya.

Tak ada gading yang tak retak,mohon dimaafkan jika ada yang kurang berkenan...semoga bermanfaat.

Utrecht,18 April 2011
By Ummusalsabila

Tidak ada komentar:

Posting Komentar