Selasa, 30 April 2013

Koninginnedagnya orang Utrecht.....

Mejeng dulu aahhh..

Dari H-2 kita(aku,suami dan anak-anak) udah sibuk nyiapin barang-barang bekas yang akan dijual pada hari Ratu atau Koninginnedag.Buku-buku,cd bekas,jaket dan baju bekas sudah rapih masuk kedalam koper .Suamiku memang sengaja ku "delegasikan" untuk ngumpulin segala barang yang masih layak pakai karena sorenya aku masuk kerja .Otomatis nggak bisa lah semuanya dikerjakan sendiri.



Akhirnya tibalah hari yang ditunggu-tunggu oleh khalayak,30 april.Maklum aja tahun ini adalah koninginnedag terakhir.Tahun ini ratu Beatrix menyerahkan tampuk kekuasaannya kepada putranya pangeran Willem Alexander setelah sang ratu memerintah kerjaan Belanda selama 33 tahun.
Menurut informasi dimedia Belanda,tahun depan acara tahunan itu akan berubah menjadi hari raja atau Koningsdag dan hari  pestanya pun berubah menjadi tanggal 27 april sesuai dengan tanggal lahir Pangeran Willem Alexander.
Nah untuk urusan makanan,sengaja  sekitar 2 minggu sebelumnya udah kontek-kontek Te'Elly..salah satu tetanggaku untuk nyusun menu praktis untuk makan siang kita pada saat  berjualan di koninginnedag nanti.
Nah menunya sbb:
-Nasi Putih
-Sate ayam
-Ayam bakar
-Lalapan
-Sambal
-Kerupuk
-Snack asin
-Cendol
-Rujak buah

Lekker kan....akhirnya kita bagi  berdua tuh menu diatas .Rejeki memang tidak kemana. Agak siangan ternyata ada Mbak Atika yang bawa cake ketan itemnya,trus Mbak Tia dengan Mie acehnya..wuizzz mantaf abizz euy.Makanan pun habis tanpa tersisa.amiiin.
 Ditambah dengan ketemunya ibu-ibu dan bapak-bapak  warga Utrecht,semakin rame pula tuh suasana.Ada Ceu Rina,mbk Atika,Mbak Tia,Bu Dewi,mbak Ivonne,mbak Agung,mbak Luluk dengan 3 bocahnya.Tak ketinggalan Te'Oci lengkap sekeluarga,trus mbak Rita pun ninmbrung walaupun sebentar.Oh iya si Ancik nggak bisa nemenin euy,ngantuk banget katanya habis kerja malam..Jadi ya cuma nganterin aja..sama ngejemput.Makasih ya Say... udah bantuin.



Ada lagi satu hal yang unik ditahun ini.Selain ada vrijmarkt dan permainan untuk anak-anak,pihak panitia penyelenggara hajatan tahunan ini dari wijk Zuilen juga mengadakan perlombaan "Pemilihan Ratu  dengan busana tercantik di Zuilen".Nah si Nazhifa langsung aja tertarik untuk ikut. Mhhhmmmmm  nggak apa-apa deh,dia khan masih kecil ,siapa tahu menang Hitung-hitung melatih keberanian dan memupuk kepercayaan dirinya.Walaahhhh bahasanya...he he jangan salah sangka dulu ngapain aja lomba ini.Ternyata anaknya cuma disuruh daftar ,trus dapat nomor urut peserta,difoto trus udah deh nunggu hasil keputusan juri...Heehhh kirain mesti ngapain...Walaupun akhirnya Nazhifa harus berbesar hati dengan terpilihnya anak asli Londo yang dinobatkan menjadi kontestan terbaik.Terlihat ada sedikit "kekecewaan"melihat anak lain yang duduk disinggasana kecil yang berada didepan kastil-kastilan yang dibuatkan panitia.
Sambil memberi semangat kubisikkan ketelinganya : "Nazhifa heeft heel goed gedaan hoor. Voor ons ben jij echt de mooie prinses..okey.."akhirnya  terlihat kembali senyum ceria si Nazhifa.Alhamdulillah  memang sih Nazhifa anaknya easy going banget.Jarang ngambek lama-lama.

Seperti  dua tahun sebelumnya ,aku dan teman-teman berjualan barang bekas layak pakai yang hasilnya akan dimasukkan kedalam kas SGB (Stichting Generasi Baru) ditempat tinggal kami,Utrecht.Sekali dayung  dua tiga pulau terlampaui.Selain berjualan juga beramal.Semoga tidak mengurangi keikhlasannya dengan menuliskannya disini,Insya Allah.
Diantara para pembeli yang kebanyakan  menawar barang sampai serendah-rendahnya,ada satu pembeli yang membayar lebih jadi 2 euro .Padahal harga barang yang dia beli cuma kami beri harga 0,50 cent...Subhanallah...
Allah swt maha pemurah ,alhamdulillah tahun ini banyak barang yang terjual sehingga terkumpul uang sebanyak 80 euro lebih....Jauh lebih banyak jika dibandingkan tahun tahun sebelumnya.

Akhirnya sekitar jam 15.30 kamipun bersiap-siap untuk beres-beres barang dan tempat karena acara vrijmarkt diperbolehkan sampai jam 4 sore.
Acara berjualan seharian tadi ditutup dengan menyantap rujak buah te Élly yang lezat dan menyegarkan.Sampai jari ini nggak berhenti ngorekin sambal rujaknya.. he he ketahuan jarang bikin rujak niy.. hi hi..
Hikmah hari ini : Kebersamaan/silaturahmi adalah  jalan memperluas rejeki dan amal.
Hari indah dengan cuaca  cerah,suasana yang meriah dan menyenangkan.Insya Allah tot volgende jaar ....op koningsdag!!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar